; Review Thermaltake Power Express 650 – Solusi Murah Untuk Daya VGA Anda. - Pengetahuan

Sabtu, 04 Juni 2011

Review Thermaltake Power Express 650 – Solusi Murah Untuk Daya VGA Anda.


Power Supply merupakan komponen paling vital untuk PC. Bisa dibilang, Power Supply merupakan “jantung” dari sebuah PC yang bertugas untuk memompa kebutuhan daya listrik ke seluruh komponen yang ada di dalam PC agar bisa berjalan dengan baik. Dari pengamatan kami, para pengguna PC di Indonesia sebagian besar masih belum sadar akan pentingnya sebuah Power Supply (PSU) yang baik dan layak digunakan. Bahkan, demi kelangsungan dan umur dari PC yang digunakan sendiri. Hal ini disebabkan karena ketidaktahuan dan kurangnya informasi akan PSU. Terutama bagi para penjual komputer yang biasanya menjual komputer secara paketan. Komputer dengan dijual dengan sistem paket ini pada umumnya menyertakan PSU seadanya dengan harga murah,. Umumnya, konsumen akan senang dengan harga yang murah ini, “yang penting nyala”.
Harga menjadi faktor utama mengapa konsumen enggan menggunakan PSU yang berkualitas untuk PC yang mereka gunakan. Sebuah PSU berkualitas baik (pure power) dengan kelas Entry level  (350-450 Watt) dibandrol dengan harga sekitar 350 hingga 500 ribu-an rupiah. Sedangkan untuk kelas Mainstream (500-650 Watt), Anda perlu merogoh kocek sekitar 600 hingga 1 juta rupiah.

Apalagi untuk PSU dengan rating daya di atas 1000 Watt tentu harganya sudah tidak lagi bersahabat. Namun, PSU di kelas ini merupakan sebuah kewajiban terutama bagi Anda yang berencana untuk membangun sebuah PC Gaming high end. Anda ingin memiliki PC high end, tapi merasa cukup keberatan dengan harga PSU yang mahal? Review kami kali ini mungkin dapat menjadi solusi untuk Anda.
Kali ini Lab Jagatreview kedatangan sebuah PSU yang cukup unik, Thermaltake Power Express 650. PSU ini merupakan PSU yang dibuat khusus untuk menyuplai  daya pada graphics card. Seperti yang kita ketahui , graphics card merupakan salah satu komponen utama pada komputer yang membutuhkan daya paling besar pada PSU. Semakin tinggi spesifikasi graphics card atau mungkin dengan penggunaan multi graphics card (SLI/Crossfire) maka semakin tinggi daya yang dibutuhkan. Semakin tinggi daya PSU, semakin mahal pula PSU yang harus digunakan.
Dengan menggunakan PSU Thermaltake Power Express ini, daya yang dibutuhkan oleh graphics card akan ditangani khusus, terpisah dari daya yang digunakan pada sistem seperti motherboard, prosesor, hard disk dan lain sebagainya. Dengan begitu akan terdapat dua buah PSU di dalam sebuah PC, unik bukan? Namun, yang menjadi daya tarik utamanya adalah karena harganya yang sangat terjangkau. Menurut informasi yang kami dapatkan langsung dari distributor,harga Thermaltake Power Express 650 berkisar antara 350-400 ribu Rupiah saja! Murah? Mari kita lihat spesifikasi yang dimilikinya.

Spesifikasi

- Wattage 650 Watts
- Fan 80 x 80 x 25 mm
3100 (+/- 10%) RPM
39.6 CFM
Temperature Auto Control
- Efficiency 80% +
- PFC Active PFC
- Hold-Up Time 16 ms
- Switches NA
- Motherboard Connectors 24-pin adapter: to connect main PSU & MB & Power Express
- Power Good Signal NA
- Form Factor NA
- Dimension 18.5 cm (L) x 14.8cm (W) x 8.4cm (H)
- Warranty 5 Years


AC INPUT:
- Input Voltage 100~230 VAC (Range: 90VAC~264VAC)
- Input Current 9A
- Input Frequency Range 47 ~ 63 Hz
- Inrush Current
- Operating Range
- MTBF 100,000
- RFI / EMI UL, CUL, TUV, FCC, BSMI and CE certified
DC OUTPUT:
- Output Table Voltage:
+12V1, +12V2
Max. Load: 30A, 30A
Min. Load: 0.1A, 0.1A Output Voltage: 650W
Note: Maximum combined output 54.16 A
ENVIRONMENT:
- Operating Temperature 10 ℃ to 50 ℃
- Storage Temperature -20 ℃ to 70℃
- Operating Humidity 20% to 90%, non-condensing
- Storage Humidity 5% to 95%, non-condensing
PROTECTION:
- Over Voltage Protection Yes
- Over Current Protection +12V1: 35A ~ 45A
+12V2: 35A ~ 45A
- Over Load Protection Yes
- Over Termperature Protection Yes
- Under Voltage Protection Yes
- Short Circuit Protection Yes

Angka 650 pada Power Express ini berarti rating daya yang dimiliki pada PSU adalah 650 Watt. Ini merupakan angka yang sangat tinggi mengingat PSU ini hanya akan digunakan untuk keperluan graphics card saja. Sekilas berbicara mengenai spesifikasi, PSU Power Express ini sudah memenuhi kriteria sebagai PSU kelas atas. Dengan berbagai macam perlindungan seperti Voltage Protection, Circuit Protection, Temperature Protection, dan PSU ini juga sudah memiliki Active PFC. Dengan dua buah rail yang maksimum dapat mengalirkan arus 30 Ampere per railnya, kami yakin PSU ini dapat mengangkat graphics card paling high end sekalipun. Sebelum kami mengujinya, mari kita lihat dulu beberapa penampakan dari PSU unik dari Thermaltake ini.

0 komentar:

Posting Komentar